TIKTAK.ID

Main Menu

  • Home
  • Privacy Policy
  • Contact Us
  • Disclaimer
  • Nasional
  • Olahraga
  • Selebriti
  • Teknologi
  • Tips & Tutorial
Sign in / Join

Login

Welcome! Login in to your account
Lost your password?

Lost Password

Back to login

logo

TIKTAK.ID

  • Home
  • Privacy Policy
  • Contact Us
  • Disclaimer
  • Nasional
  • Olahraga
  • Selebriti
  • Teknologi
  • Tips & Tutorial
Tips & Tutorial
Home›Tips & Tutorial›Sebelum Masa Hamil Konsumsi Sayur, Manfaatnya Cegah Kelahiran Prematur

Sebelum Masa Hamil Konsumsi Sayur, Manfaatnya Cegah Kelahiran Prematur

By Hendra Setiawan
21 April 2020
712
0
Sebelum Masa Hamil Konsumsi Sayur, Manfaatnya Cegah Kelahiran Prematur

TIKTAK.ID – Sayur menjadi salah satu makanan sehat yang disarankan mengonsumsinya setiap hari secara rutin. Sebuah penelitian baru mengungkapkan manfaat mengonsumsi sayur secara rutin sebelum masa kehamilan, ternyata dapat menurunkan risiko kelahiran prematur.

Berdasarkan informasi dari Medical Express, penelitian tersebut dilakukan oleh Dereje Gete dari University of Queensland. Dalam penelitian itu ditemukan manfaat yang sangat besar pada kehamilan ketika mengonsumsi sayur, berdasarkan penelitan pada pola makan lebih dari 3.500 wanita.

Mengonsumsi sayuran secara rutin memiliki dampak besar pada wanita yang tengah hamil. Sebab, sayuran kaya kandungan antioksidan dan nutrisi antiperadangan. Selain itu, kedua kandungan tersebut dapat mengurangi risiko kelahiran yang merugikan.

Seorang wanita membutuhkan banyak kalsium dan zat besi sebelum memasuki masa kehamilan.

Sejumlah sayuran tersebut bahkan sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Seperti kembang kol, labu, brokoli, kubis, buncis, dan kentang.

“Sayuran tradisional mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan nutrisi antiperadangan. Sebab, kedua kandungan tersebut mempunyai peran yang signifikan dalam mengurangi risiko kelahiran,” buka Dereje Gete.

“Wanita sendiri tergantung pada sejumlah nutrisi tertentu pada tubuh, seperti kalsium dan zet besi sebelum kehamilan. Kemudian yang paling penting bagi wanita adalah pada plasenta serta perkembangan jaringan janin,” imbuh Dereja Gete.

Sementara itu, dia menambahkan, mengonsumsi makanan pada saat bayi sudah dalam kandungan itu sudah terlalu terlambat. Hal tersebut karena si bayi telah terbentuk sempurna pada akhir trimester pertama.

Kemudian ada Profesor Gita Mishra yang mengatakan, intervensi dan strategi pola makan sangatlah diperlukan. Menurutnya, perubahan pada pola makan sangat penting dalam membantu wanita yang mulai memikirkan tentang masa depan, salah satunya untuk memiliki momongan.

“Bayi yang lahir secara prematur, akan mengalami risiko penyakit metabolik dan kronis. Bahkan akan semakin diperparah ketika usia dewasa dan berkembang secara kognitif dan performa akademik yang buruk,” jelas Profesor Gita Mishra.

TagsBayi PrematurMencegah kelahiran prematurNutrisi Ibu HamilTips KehamilanTips Kesehatan

Related articles More from author

  • Capek Diet Ketat? 4 Minuman Detox ini Efektif Kempeskan Perut Buncit
    Tips & Tutorial

    Capek Diet Ketat? 4 Minuman Detox ini Efektif Kempeskan Perut Buncit

    9 Juli 2020
    By Hendra Setiawan
  • Ketahui Manfaat Tidur Pakai Kaus Kaki
    Tips & Tutorial

    Ketahui Manfaat Tidur Pakai Kaus Kaki

    6 Januari 2022
    By Hendra Setiawan
  • Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan Bagi Kesehatan
    Tips & Tutorial

    Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan Bagi Kesehatan

    12 Januari 2021
    By Hendra Setiawan
  • Aneka Buah yang Dapat Membantu Turunkan Berat Badan
    Tips & Tutorial

    Aneka Buah yang Dapat Membantu Turunkan Berat Badan

    3 Mei 2020
    By Hendra Setiawan
  • Waspadai Dua Penyebab Utama Anak Kurang Gizi
    Tips & Tutorial

    Waspadai Dua Penyebab Utama Anak Kurang Gizi

    7 Februari 2023
    By Hendra Setiawan
  • Tips Diet Murah dan Mudah
    Tips & Tutorial

    Cara Paling Murah dan Populer Turunkan Berat Badan, Cobain Yuk!

    13 Januari 2020
    By Hendra Setiawan

Leave a reply Batalkan balasan

Berita Menarik Lainnya

  • Babak Baru Dunia Politik Ahmad Dhani, Ditunjuk Langsung oleh Prabowo Jabat Pos Penting ini
    Nasional

    Babak Baru Dunia Politik Ahmad Dhani, Ditunjuk Langsung oleh Prabowo Jabat Pos Penting ini

  • Tanggapi Usul Megawati Bubarkan KPK, Jokowi: Lembaga Bagus Tetap Perlu Evaluasi
    Nasional

    Tanggapi Usul Megawati Bubarkan KPK, Jokowi: Lembaga Bagus Tetap Perlu Evaluasi

  • Patah Lengannya Sembuh, Marc Marquez Senang Bisa Kembali Latihan
    Olahraga

    Patah Lengannya Sembuh, Marc Marquez Senang Bisa Kembali Latihan

  • Prabowo-Gibran Bakal Tambah Menteri Jadi 40, Mahfud MD: Makin Banyak Sumber Korupsi, Negara Bisa Rusak
    Nasional

    Prabowo-Gibran Bakal Tambah Menteri Jadi 40, Mahfud MD: Makin Banyak Sumber Korupsi, Negara Bisa Rusak

  • Samsung Rilis Galaxy M12, Harga 2 Jutaan
    Teknologi

    Samsung Rilis Galaxy M12, Harga 2 Jutaan

Redaksi

  • Jalan Kebagusan III, Perum Nuansa Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
  • 0812 4664 9215
  • Hubungi Kami
© Copyright 2019 TIKTAK.ID. All rights reserved.