TIKTAK.ID

Main Menu

  • Home
  • Privacy Policy
  • Contact Us
  • Disclaimer
  • Nasional
  • Olahraga
  • Selebriti
  • Teknologi
  • Tips & Tutorial
Sign in / Join

Login

Welcome! Login in to your account
Lost your password?

Lost Password

Back to login

logo

TIKTAK.ID

  • Home
  • Privacy Policy
  • Contact Us
  • Disclaimer
  • Nasional
  • Olahraga
  • Selebriti
  • Teknologi
  • Tips & Tutorial
Tips & Tutorial
Home›Tips & Tutorial›Konsumsi Makanan Ini untuk Bunuh Sel Kanker Payudara

Konsumsi Makanan Ini untuk Bunuh Sel Kanker Payudara

By Hendra Setiawan
24 Juni 2022
526
0
Konsumsi Makanan Ini untuk Bunuh Sel Kanker Payudara

TIKTAK.ID – Sel kanker payudara diketahui mampu tumbuh dengan cepat, membentuk gumpalan atau massa, lalu menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Healthline menyatakan asupan makanan atau nutrisi terbukti dapat sangat berpengaruh dalam perkembangan sel kanker pada payudara wanita.

Untuk itu, para penderita kanker payudara sebaiknya menghindari junk food, makanan kalengan, makanan yang dibakar, dan alkohol. Sebaliknya, terdapat beberapa makanan yang bisa membunuh atau mencegah perkembangan sel kanker.

Seperti dilansir Kompas.com, berikut ini di antaranya:

  1. Brokoli
    Brokoli kaya akan sulforaphane, yakni senyawa tanaman yang ditemukan dalam sayuran silangan yang mungkin memiliki sifat antikanker yang kuat.
    Mengutip Healthline, sulforaphane mampu mengurangi ukuran sel kanker payudara hingga 75 persen.
  2. Kunyit
    Kunyit sudah terkenal berkhasiat meningkatkan kesehatan. Kunyit mengandung kurkumin, yaitu senyawa aktif dengan efek anti-inflamasi, antioksidan, dan antikanker.

Jurnal Eur J Pharmacol menyebut kurkumin bisa menghambat proliferasi atau pengulangan siklus sel pada tumor di payudara. Artinya, kurkumin otomatis mencegah sel kanker berkembangbiak di payudara.

Anda bisa mengonsumsi 1/2-3 sendok teh (1-3 gram) kunyit bubuk per hari.

Selain itu, Anda juga bisa memakai kunyit sebagai bumbu untuk menambah rasa atau warna pada makanan.

  1. Biji rami
    Biji rami adalah bahan makanan yang tinggi serat dan lemak sehat untuk jantung. Sejumlah penelitian mengklaim biji rami dapat membantu mengurangi pertumbuhan, serta membunuh sel-sel kanker.
  2. Kacang-kacangan
    Penderita kanker payudara sebaiknya mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian. Sebab, kacang-kacangan kaya akan serat dan antioksidan yang diperlukan oleh penderita kanker.

Kacang-kacangan juga mengandung lemak sehat.

  1. Jamur tiram
    Berdasarkan studi yang diterbitkan Advances in Nutrition pada September 2021, orang yang biasa menambahkan jamur sebagai asupan rutin berisiko 34 persen lebih rendah terkena kanker, ketimbang mereka yang jarang mengonsumsinya.

Jamur tiram mengandung senyawa bioaktif yang dapat menghambat pertumbuhan terus menerus dari sel kanker di payudara, mencegah penyebaran sel, dan menghindari pembentukan pembuluh darah baru.

Kemudian jamur shitake juga bisa mencegah kanker karena punya kandungan lentinan (sejenis molekul gula) yang mampu membantu proses selama kemoterapi. Zat tersebut pun dikenal sebagai anti-inflamasi yang efektif memperbaiki kerusakan tubuh akibat sel kanker.

TagsKanker PayudaraMakanan Sehatnutrisi makananSel KankerTips Kesehatan

Related articles More from author

  • Tidur Saat Jam Kerja
    Tips & Tutorial

    Istirahat 20 Menit di Sela Jam Kerja Bisa Dongkrak Produktivitas

    11 Februari 2020
    By Hendra Setiawan
  • Kerokan Hilangkan Masuk Angin, Mitos atau Fakta?
    Tips & Tutorial

    Kerokan Hilangkan Masuk Angin, Mitos atau Fakta?

    24 November 2021
    By Hendra Setiawan
  • Sulit Tidur? Coba Konsumsi 9 Asupan Sarat Nutrisi Berikut
    Tips & Tutorial

    Sulit Tidur? Coba Konsumsi 9 Asupan Sarat Nutrisi Berikut

    19 Maret 2021
    By Hendra Setiawan
  • Begini Cara Perbaiki Pola Tidur Usai Ramadan
    Tips & Tutorial

    Begini Cara Perbaiki Pola Tidur Usai Ramadan

    26 Mei 2020
    By Hendra Setiawan
  • Jangan Salah Paham, Penyebab Obesitas Tak Hanya Gara-gara Makan Berlebihan
    Tips & Tutorial

    Jangan Salah Paham, Penyebab Obesitas Tak Hanya Gara-gara Makan Berlebihan

    28 April 2022
    By Hendra Setiawan
  • Cegah Tertular Corona dengan Kenakan Masker Secara Efektif, Hati-hati dengan Masker Jenis ini
    Tips & Tutorial

    Cegah Tertular Corona dengan Kenakan Masker Secara Efektif, Hati-hati dengan Masker Jenis ini

    14 Agustus 2020
    By Hendra Setiawan

Leave a reply Batalkan balasan

Berita Menarik Lainnya

  • TIKTAK.ID - Ketua KPK Bingung Kasus Besar Apa yang Pernah Dilaporkan Jokowi ke KPK
    Nasional

    Ketua KPK Bingung Kasus Besar Apa yang Pernah Dilaporkan Jokowi ke KPK

  • Beijing ke Washington: Hentikan Politisasi Ekonomi
    Internasional

    Beijing ke Washington: Hentikan Politisasi Ekonomi

  • Kenali Game Viral ‘Aku Si Peternak Lele'
    Teknologi

    Kenali Game Viral ‘Aku Si Peternak Lele’

  • Hari Kedua Perang Armenia vs Azerbaijan Tewaskan 21 Orang
    Internasional

    Hari Kedua Perang Armenia vs Azerbaijan Tewaskan 21 Orang

  • Meski Karantina Sudah Mulai Dibuka, Pengangguran di AS Tetap Tinggi
    Internasional

    Meski Karantina Sudah Mulai Dibuka, Pengangguran di AS Tetap Tinggi

Redaksi

  • Jalan Kebagusan III, Perum Nuansa Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
  • 0812 4664 9215
  • Hubungi Kami
© Copyright 2019 TIKTAK.ID. All rights reserved.