Mekanisme website:
1. Buka situs www.pln.co.id, masuk ke menu pelanggan, dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
2. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter, dan Token Gratis akan ditampilkan di layar.
3. Pelanggan hanya perlu memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Mekanisme lainnya dengan mengakses melalui nomor WhatsApp 08122-123-123, dengan cara:
1. Buka Aplikasi WhatsApp, chat ke nomor 08122-123-123. Ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
2. Token gratis akan muncul, dan pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.
Baca juga: Ini Kata Jubir Jokowi Soal Pro Kontra Darurat Sipil dan Karantina Wilayah
Saat ini diketahui terdapat sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses tersebut akan tuntas dalam sepekan ke depan, sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.
“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik memang bertahap. Sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut,” kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka, seperti dilansir Kumparan.com, Kamis (2/4/20).