TIKTAK.ID

Main Menu

  • Home
  • Privacy Policy
  • Contact Us
  • Disclaimer
  • Nasional
  • Olahraga
  • Selebriti
  • Teknologi
  • Tips & Tutorial
Sign in / Join

Login

Welcome! Login in to your account
Lost your password?

Lost Password

Back to login

logo

TIKTAK.ID

  • Home
  • Privacy Policy
  • Contact Us
  • Disclaimer
  • Nasional
  • Olahraga
  • Selebriti
  • Teknologi
  • Tips & Tutorial
Tips & Tutorial
Home›Tips & Tutorial›Konsumsi Buah Ini untuk Turunkan Kolesterol

Konsumsi Buah Ini untuk Turunkan Kolesterol

By Hendra Setiawan
13 September 2022
414
0
Konsumsi Buah Ini untuk Turunkan Kolesterol

TIKTAK.ID – Kolesterol menjadi salah satu elemen penting yang diperlukan oleh tubuh. Mayo Clinic menyebut kolesterol bisa membantu membangun sel-sel sehat di dalam tubuh. Meski begitu, level kolesterol yang tinggi bakal memperbesar risiko penyakit jantung.

Walaupun level kolesterol tinggi termasuk penyakit bawaan, tapi gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Oleh sebab itu, Anda perlu menerapkan gaya hidup sehat demi mengurangi risiko buruk yang bisa terjadi.

Untuk menerapkan gaya hidup sehat, salah satu yang perlu diperhatikan yakni asupan makanan.

Seperti dilansir Kompas.com, berikut ini rekomendasi buah untuk menurunkan kolesterol.

Jeruk

Minum jus jeruk dapat mengurangi risiko penyakit jantung akibat darah tinggi dan kolesterol.

Berdasarkan hasil penelitian yang terbit dalam Jurnal Lipids in Health and Disease pada 2013, konsumsi jus jeruk dalam jangka waktu yang lama mampu menurunkan LDL kolesterol jahat.

Kemudian penelitian lain mengenai hubungan antara jeruk dan kolesterol dimuat dalam Jurnal American Chemical Society di tahun 2004. Hasilnya, kulit jeruk punya senyawa bernama flavon polimetoksilasi (PMF) yang bermanfaat melawan kanker, penyakit jantung, dan peradangan.

Senyawa tersebut pun berfungsi menurunkan kolesterol tanpa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Penelitian tersebut juga menyatakan minum jus jeruk berpotensi menurunkan kolesterol bila dikonsumsi lebih dari 20 gelas per hari. Akan tetapi untuk mempercepat efeknya, konsumsi suplemen yang mengandung PMF lebih direkomendasikan.

Semangka

Semangka mengandung nutrisi yang berguna untuk mendukung kesehatan jantung. Menurut penelitian dalam Experimental and Clinical Sciences Journal pada 2014, kandungan likopen di dalam semangka berguna menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Likopen itu juga bisa mencegah kerusakan oksidatif karena level kolesterol yang tinggi.

Apel

Dengan mengonsumsi apel setiap hari, akan menurunkan level LDL kolesterol jahat. Hal itu telah dibuktikan oleh penelitian yang dipresentasikan dalam Experimental Biology pada 2011 yang dikutip oleh Medical News Today.

Penelitian tersebut mengklaim wanita dewasa berusia 45-65 tahun yang makan apel setiap hari mengalami penurunan level LDL kolesterol sebanyak 23 persen dalam enam bulan dan kenaikan level HDL kolesterol sebanyak 4 persen.

TagsBuah-buahankolesterolnutrisi makananTips Kesehatan

Related articles More from author

  • Netralkan Radikal Bebas dengan 3 Makanan Kaya Antioksidan ini
    Tips & Tutorial

    Netralkan Radikal Bebas dengan 3 Makanan Kaya Antioksidan ini

    31 Oktober 2020
    By Hendra Setiawan
  • Ganti Garam dengan Rempah Ini untuk Diet
    Tips & Tutorial

    Ganti Garam dengan Rempah Ini untuk Diet

    23 September 2021
    By Hendra Setiawan
  • Bahaya Minum Air ES
    Tips & Tutorial

    Suka Sekali Minum Air Es Tiap Hari? Coba Deh Pikir Lagi

    13 Februari 2020
    By Hendra Setiawan
  • Sering Lewatkan Sarapan, Begini Dampak Buruknya pada Tubuh
    Tips & Tutorial

    Sering Lewatkan Sarapan, Begini Dampak Buruknya pada Tubuh

    28 Februari 2021
    By Hendra Setiawan
  • Benarkah Santan Lebih Tokcer Atasi Refluks Asam Lambung Ketimbang Susu Sapi?
    Tips & Tutorial

    Benarkah Santan Lebih Tokcer Atasi Refluks Asam Lambung Ketimbang Susu Sapi?

    25 Januari 2020
    By Hendra Setiawan
  • 3 Kebiasaan Hijabers yang Jadikan Rambut Rontok & Berketombe
    Tips & Tutorial

    3 Kebiasaan Hijabers yang Jadikan Rambut Rontok & Berketombe

    30 September 2020
    By Hendra Setiawan

Leave a reply Batalkan balasan

Berita Menarik Lainnya

  • TIKTAK.ID - Meski Ogah Jadi Gubernur Lagi, Ahok Akui Ada Hal yang Dirindukannya Saat Jabat Gubernur DKI Jakarta
    Nasional

    Meski Ogah Jadi Gubernur Lagi, Ahok Akui Ada Hal yang Dirindukannya Saat Jabat Gubernur DKI Jakarta

  • Ganjar Sebut Keputusan Pemerintah Pusat Syaratkan Sertifikat Vaksin untuk Bepergian Tidak Adil, Ini Alasannya
    Nasional

    Ganjar Sebut Keputusan Pemerintah Pusat Syaratkan Sertifikat Vaksin untuk Bepergian Tidak Adil, Ini Alasannya

  • Ternyata ini Penyebab 7 Pejabat DKI Mengundurkan Diri Saat Dipimpin Anies
    Nasional

    Ternyata ini Penyebab 7 Pejabat DKI Mengundurkan Diri Saat Dipimpin Anies

  • Cha Eun Woo Diincar Main Drama 'Island', Bareng Kim Nam Gil dan Seo Yea Ji
    Selebriti

    Cha Eun Woo Diincar Main Drama ‘Island’, Bareng Kim Nam Gil dan Seo Yea Ji

  • Jung Woo Sung Reuni dengan Shin Hyun Bin di Drama ‘Tell Me That You Love Me'
    Selebriti

    Jung Woo Sung Reuni dengan Shin Hyun Bin di Drama ‘Tell Me That You Love Me’

Redaksi

  • Jalan Kebagusan III, Perum Nuansa Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
  • 0812 4664 9215
  • Hubungi Kami
© Copyright 2019 TIKTAK.ID. All rights reserved.