TIKTAK.ID

Main Menu

  • Home
  • Privacy Policy
  • Contact Us
  • Disclaimer
  • Nasional
  • Olahraga
  • Selebriti
  • Teknologi
  • Tips & Tutorial
Sign in / Join

Login

Welcome! Login in to your account
Lost your password?

Lost Password

Back to login

logo

TIKTAK.ID

  • Home
  • Privacy Policy
  • Contact Us
  • Disclaimer
  • Nasional
  • Olahraga
  • Selebriti
  • Teknologi
  • Tips & Tutorial
Tips & Tutorial
Home›Tips & Tutorial›Benarkah Keranjingan Junk Food Bisa Tingkatkan Risiko Depresi?

Benarkah Keranjingan Junk Food Bisa Tingkatkan Risiko Depresi?

By Hendra Setiawan
28 Agustus 2020
836
0
Benarkah Keranjingan Junk Food Bisa Tingkatkan Risiko Depresi?

TIKTAK.ID – Umumnya, junk food atau makanan rendah gizi sering dikaitkan dengan risiko kesehatan fisik. Namun ternyata konsumsi makanan rendah gizi juga berhubungan erat dengan kesehatan mental.

Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Molecular Psychiatry pada 2018 mengungkapkan bahwa junk food juga disebut terkait dengan risiko depresi. Temuan tersebut didapatkan oleh peneliti dari Inggris, Spanyol, dan Australia, usai meneliti sebanyak 41 studi tentang hubungan diet dan depresi. Pasalnya, jenis makanan ini mengandung banyak zat yang pro-inflamasi.

“Pola makan yang pro-inflamasi dapat memicu peradangan sistemik, dan hal ini dapat secara langsung meningkatkan risiko depresi,” ujar Dr Camille Lassale, penulis utama penelitian ini dikutip dari The Guardian, seperti dilansir Kompas.com.

Kemudian peneliti dari University College London itu mengatakan pola makan yang buruk bisa meningkatkan risiko depresi secara signifikan. Sebab menurut analisis, makanan yang mengandung banyak lemak, gula, atau terlalu lama dimasak (dalam hal ini junk food), dapat menyebabkan peradangan, bukan hanya di usus tetapi di seluruh tubuh, atau yang dikenal sebagai peradangan sistemik.

“Sifat kimia dalam usus sangat mirip dengan kimia di otak, jadi tidak mengherankan bila hal-hal yang memengaruhi usus juga dapat memengaruhi otak,” terang Dr Cosmo Hallstrom, ahli depresi dari Royal College of Psychiatrists.

Biasanya peradangan itu dipicu oleh pola hidup yang buruk, seperti merokok, polusi, kegemukan, dan kurang olahraga.

“Peradangan kronis dapat memengaruhi kesehatan mental dengan mengangkut molekul pro-inflamasi ke otak. Hal itu juga bisa memengaruhi molekul -neurotransmitter- yang bertanggung jawab untuk regulasi suasana hati,” terang Lassale.

Namun para peneliti mengingatkan hubungan antara pola makan buruk dan depresi merupakan kausal dan bukan hanya sebuah asosiasi. Sebab, mereka tidak menemukan orang-orang yang depresi punya kecenderungan makan makanan rendah gizi.

“Pola makan buruk dapat meningkatkan risiko depresi karena ini adalah hasil penelitian longitudinal yang tidak melibatkan orang dengan depresi pada awal penelitian,” tutur Lassale.

“Oleh sebab itu, penelitian ini juga melihat bagaimana pola makan pada dasarnya berhubungan dengan kasus depresi baru,” imbuhnya.

Tagsdepresijunk foodKesehatan mentalMakanan rendah giziTips Kesehatan

Related articles More from author

  • Tips Jalani Vaksinasi Covid-19 Saat Puasa
    Tips & Tutorial

    Tips Jalani Vaksinasi Covid-19 Saat Puasa

    28 April 2022
    By Hendra Setiawan
  • Kenali Penyebab Kulit Kering yang Sering Tak Disadari
    Tips & Tutorial

    Kenali Penyebab Kulit Kering yang Sering Tak Disadari

    3 November 2022
    By Hendra Setiawan
  • Sering Minum Es Teh Manis Bahaya untuk Jantung?
    Tips & Tutorial

    Sering Minum Es Teh Manis Bahaya untuk Jantung?

    5 Oktober 2022
    By Hendra Setiawan
  • Pertolongan Pertama pada Serangan Stroke
    Tips & Tutorial

    Pertolongan Pertama pada Serangan Stroke

    4 November 2020
    By Hendra Setiawan
  • Konsumsi Makanan Ini untuk Cegah Kanker Payudara
    Tips & Tutorial

    Konsumsi Makanan Ini untuk Cegah Kanker Payudara

    4 Februari 2023
    By Hendra Setiawan
  • Racikan Jus Buah Kombinasi ini Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
    Tips & Tutorial

    Racikan Jus Buah Kombinasi ini Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

    28 April 2020
    By Hendra Setiawan

Leave a reply Batalkan balasan

Berita Menarik Lainnya

  • Tanggapi Usulan Eros Djarot Soal Duet Ganjar-Mahfud MD, Pengamat Ini Usulkan Anies-Mahfud MD
    Nasional

    Tanggapi Usulan Eros Djarot Soal Duet Ganjar-Mahfud MD, Pengamat Ini Usulkan Anies-Mahfud MD

  • Puan Beberkan Pembicaraan dengan Prabowo, SBY dan Jokowi Saat Retret Kepala Daerah
    Nasional

    Puan Beberkan Pembicaraan dengan Prabowo, SBY dan Jokowi Saat Retret Kepala Daerah

  • Ganjar Pranowo Tertinggi di Survei Pilpres 2024, PKS: Dia Diuntungkan Ceruk Jokowi
    Nasional

    Elektabilitas Tingginya Dianggap Hasil Pencitraan, Ganjar Pranowo Belum Tentu Diusung PDIP Jadi Capres

  • Erick Thohir Puncaki Polling Cawapres di Twitter Iwan Fals
    Nasional

    Erick Thohir Puncaki Polling Cawapres di Twitter Iwan Fals

  • Sedikitnya 57 Tentara Afghanistan Tewas dalam Bentrokan Terbaru dengan Taliban
    Internasional

    Sedikitnya 57 Tentara Afghanistan Tewas dalam Bentrokan Terbaru dengan Taliban

Redaksi

  • Jalan Kebagusan III, Perum Nuansa Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
  • 0812 4664 9215
  • Hubungi Kami
© Copyright 2019 TIKTAK.ID. All rights reserved.