Selanjutnya jalur Tol Trans Sumatera yang juga direncanakan bisa beroperasi pada tahun 2020 adalah rute Padang-Pekanbaru dengan total panjang 254,8 kilometer. Rute ini menyerap investasi sebesar Rp 80,41 triliun dan ditargetkan selesai dalam tempo lima tahun (2018-2023).
Baca juga: Heboh, Netizen Protes Iring-iringan Menhan Yang Berisik Dan Membandingkannya Dengan Iringan RI 1
Tingginya biaya yang dibutuhkan karena di samping jarak ruas tol ini cukup panjang, juga karena adanya pembangunan lima terowongan yang menembus pegunungan Bukit Barisan dengan total panjang 8,95 kilometer. Tahapan pembangunan rute Padang-Pekanbaru dimulai dari segmen Padang Pekanbaru Seksi I Padang-Sicincin (30,4 kilometer), yang progres konstruksinya saat ini telah mencapai 10,03 persen.
Terakhir ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 2 Jakabaring-Musilindas (24,9 kilometer) dan seksi 3 Musilindas-Betung (44,29 kilometer). Ruas ini telah digarap dengan progres konstruksi saat ini masing-masing 49,89 persen, dan 5,85 persen.
Baca juga: Siap Bantu Pulangkan Habib Rizieq, Prabowo Akan Segera Temui Jokowi