
TIKTAK.ID – Menjelang akhir 2020, Forbes merilis daftar bintang paling berpengaruh di Asia-Pasifik di ranah digital. Sekaligus sebagai peresmian Forbes Asia’s 100 Digital Stars, empat bintang Indonesia pun masuk ke dalam daftar tersebut.
Salah satu bahan penilaian yakni pengaruh mereka di dunia digital, terutama media sosial. Kemudian nama-nama yang ada di dalam Forbes Asia’s 100 Digital Stars juga disebut memiliki pengaruh besar. Sebab, mereka tetap bisa aktif dan tetap relevan sepanjang pandemi melalui acara-acara online, meski tanpa pertemuan fisik.
Tidak hanya itu, Forbes juga mempertimbangkan popularitas mereka secara lokal, regional, dan juga internasional atau global. Terdapat pula pertimbangan mengenai keaktifan mereka di film, musik, dan televisi, serta nilai endorsement media sosial terhadap brand tertentu.
Terdapat nama-nama besar dari Asia-Pasifik yang masuk dalam daftar Forbes Asia’s 100 Digital Stars tahun ini, seperti Chris Hemsworth hingga Katherine Langford mewakili Australia; Amitabh Bachchan hingga Shah Rukh Khan menjadi beberapa nama dari India; Mario Maurer hingga Davika Hoorne jadi nama yang bersinar dari Thailand. Korea Selatan membawa nama BTS, TWICE, Red Velvet, EXO (dan dua mantan member mereka Lu Han dan Kris), Suzy, Nam Joo Hyuk, Lee Min Ho, hingga Lee Sung Kyung.
Dari Indonesia sendiri, terdapat empat nama artis yang dinilai pantas masuk ke dalam daftar terbaru Forbes Asia’s 100 Digital Stars.
Seperti dilansir Kompas.com berikut ini daftar nama artis Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut.
Agnez Mo
Forbes diketahui menyoroti tahun-tahun aktif Agnez Mo di dunia musik, termasuk kolaborasinya dengan musisi Amerika Serikat seperti Steve Aoki, Chris Brown, hingga Timbaland.
“Memiliki sebanyak 47 juta pengikut di media sosial, Agnez Mo mengampanyekan anti-narkoba dan anti perdagangan manusia. Pada Mei (2020) dia tampil di konser amal yang menghasilkan lebih dari USD 100 ribu buat United Way Worldwide dalam usaha mereka buat menanggulangi Covid-19,” tulis Forbes.
Rich Brian
Forbes mengatakan Brian Imanuel Soewarno mengerjakan album terbarunya “1999” selama karantina. Pada April (2020), pria yang dikenal dengan nama Rich Brian ini merilis dua versi video musik berjudul “Bali” yang ditonton lebih dari 8 juta kali di YouTube. Forbes juga menyoroti kesuksesan Rich Brian yang debut di usia 19 tahun lewat “Dat $tick” yang viral.
Cinta Laura
Forbes menyatakan memasukkan nama Cinta Laura dalam daftar Forbes Asia’s 100 Digital Stars tak hanya karena prestasinya di bidang musik dan film, melainkan juga pengaruhnya di dunia digital lewat endorsement. Cinta Laura sendiri menjadi brand ambassador berbagai brand, mulai dari Bulgari, Oppo, dan Uniqlo.
Raisa
Meski harus membatalkan konser akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno tahun ini akibat Covid-19, namun Raisa Andriana tetap masuk ke dalam daftar Forbes Asia’s 100 Digital Stars. Konser di GBK tersebut menjadi salah satu tolok ukur Forbes buat memasukkan namanya ke dalam daftar tersebut.
“Usai menjual 10 ribu tiket hanya dalam 14 jam untuk konser pada Juni di Jakarta, Raisa harus membatalkannya karena pandemi. Lebih dari 40 juta pengikut di media sosial, video musik lagu ‘Bahasa Kalbu’ pun ditonton lebih dari 8,5 juta di YouTube dan didengarkan 9 juta kali di Spotify sejak dirilis Agustus”, tulis Forbes.