TIKTAK.ID – Spotify mengumumkan kolaborasinya dengan Stripe. Hal itu demi mempermudah podcaster dalam memperoleh bayaran hingga menciptakan aliran pendapatan yang berulang, serta mempererat hubungan dengan pendengarnya.
Spotify sendiri baru-baru ini telah meluncurkan Podcast Subscriptions, yakni layanan yang memungkinkan podcaster untuk menawarkan konten bulanan berbayar. Kemudian Stripe yang menyediakan infrastruktur pembayaran untuk Podcast Subscriptions. Stripe pun bakal membantu Spotify mengembangkan fitur untuk mendukung lusinan mata uang bagi ribuan kreator di lebih dari 30 negara.
Dengan adanya Stripe, kreator bisa menerima pembayaran dari pendengar di seluruh dunia, sesuai dengan mata uang yang mereka pilih. Contohnya, seorang podcaster di Paris, Prancis, dapat menerima pembayaran dalam mata uang Euro, bahkan bila pendengarnya membayar biaya berlangganan bulanan dalam mata uang Dolar dari Hong Kong, Kroner dari Denmark, dan Franc dari Swiss.
Menggunakan Stripe Connect, Spotify berhasil menyederhanakan proses penerimaan pembayaran dan verifikasi identitas bagi para podcaster. Selain itu, Stripe juga menghadirkan kemudahan proses pembayaran bagi setiap podcaster yang mendaftarkan diri di Spotify.
Lebih lanjut, melalui kerja samanya dengan Stripe meluncurkan Podcast Subscriptions, Spotify juga menyatakan memakai produk-produk Stripe lain. Di antaranya Stripe Billing, Stripe Invoicing, dan Stripe Radar.
“Platform seperti Spotify akan memudahkan para kreator untuk memperoleh pendapatan berulang dari kegiatan yang sangat mereka gemari, yaitu berbagi cerita,” ungkap Mike Clayville, Chief Revenue Officer Stripe, seperti dilansir detik.com.
“Kami senang sekali karena bisa membantu Spotify mempercepat pertumbuhan ekonomi kreator. Saya sendiri bahkan sudah tidak sabar untuk berlangganan beberapa podcast baru!” imbuhnya.
Podcast Subscriptions sendiri saat ini sudah tersedia bagi kreator konten di sebanyak 34 negara dalam delapan bahasa.
Sekadar informasi, lembaga riset MiDiA Research melaporkan, jumlah pengguna yang berlangganan layanan streaming musik tembus 523,9 juta orang pada Q2 2021. Jumlah tersebut pun tumbuh 26,4 persen dari periode yang sama di tahun 2020 sebelumnya.
Mengutip Grid.id, data itu mengklaim Spotify punya jumlah pelanggan berbayar lebih banyak ketimbang Apple Music. Spotify disebut-sebut memiliki persentase 31 persen dari total keseluruhan.