
TIKTAK.ID – Masa pandemi Covid-19 mengantarkan berubahnya cara belanja masyarakat. Tren belanja online semakin naik, termasuk belanja kebutuhan sehari-hari.
Peralihan cara belanja masyarakat itu coba dijawab Tokopedia melalui TokoMart. Halaman khusus itu disertai teknologi geo-tagging agar semakin memudahkan masyarakat mendapati toko paling dekat dari lokasinya.
Pada TokoMart, pengguna Tokopedia dapat berbelanja produk sembako, makanan dan minuman, serta berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya.
“Sepanjang tahun 2020, kategori F&B menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia. Bahkan mengalami peningkatan transaksi sebesar 3 kali lipat daripada periode sebelum pandemi,” terang Merchant Development Senior Lead Tokopedia, Hartawan Lesmana melalui keterangan tertulis, Selasa (9/3/21).
“Produk seperti telur, ikan, mie instan, teh, madu dan kopi lokal menjadi yang paling diburu masyarakat,” sebutnya.
Hartawan menjelaskan Tokopedia berkolaborasi bersama para mitra di berbagai daerah, yang menjual produk-produk kebutuhan rumah tangga, sembako, sampai makanan.
“Tingginya antusiasme masyarakat mendorong kami menghadirkan TokoMart. Kami juga berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, dalam hal ini pegiat usaha di Indonesia, mulai dari Hypermart, LotteMart Indonesia, Sayurbox sampai sejumlah UMKM lokal dari berbagai industri, guna menyediakan lebih dari 200 ribu pilihan produk di halaman TokoMart,” papar Hartawan.
Menurutnya, kehadiran TokoMart bakal membantu pegiat usaha menjangkau konsumennya. Inovasi geo-tagging mendahulukan penjual terdekat dari domisili pembeli, dengan demikian pelaku usaha bakal mempermudah penjualan.
Fase pertama inovasi geo-tagging ini berlaku bagi mitra TokoMart di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) serta Bandung.
Hartawan menegaskan rencana Tokopedia menyertakan wilayah lainnya agar fitur ini secepat mungkin bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.
Selain itu, Hartawan menyebut adanya kemudahan ongkir (ongkos kirim). Masyarakat dapat menikmati nilai tambah lain setiap harinya dan menjadikan belanja kian hemat. Misalnya flash sale, cashback dan diskon mencapai 50%. Terdapat pula bebas ongkir untuk aneka jenis pengiriman.