TIKTAK.ID – Induk perusahaan Facebook, Meta, telah menyampaikan adanya perubahan mengenai kebijakan transparansi iklan. Hal itu demi merontokkan mitos memata-matai pengguna untuk kepentingan iklan.
Mengutip TechCrunch, Meta mengaku tengah memperbarui fitur yang hampir berusia satu dekade, yakni “Why am I seeing this ad?” (Mengapa saya melihat iklan ini?). Meta mengekaim pihaknya hendak menerangkan dengan lebih baik melalui teknik kecerdasan buatan (AI) dalam hal penempatan iklan. Hal itu pun bertujuan mematahkan rumor tak sedap soal Facebook.
Selama ini, memang beredar kasak-kusuk di antara pengguna, kalau Facebook memata-matai aktivitas mereka. Oleh sebab itu, pengguna sering melihat iklan yang relevan dengan apa yang sedang atau ingin mereka lakukan.
Meta ingin perubahan pada fitur ini dapat menjelaskan dengan lebih baik kepada pengguna alasan di balik kecocokan tersebut. Nantinya, fitur tersebut bakal menginformasikan kepada pengguna mengenai aktivitas Facebook mereka dan memberi informasi kepada model AI yang digunakan dalam menargetkan iklan.
Dalam pengumuman di situs resminya, informasi yang dimaksud contohnya ketika pengguna menyukai (like) unggahan dari teman atau situs olahraga favorit mereka. Fitur baru itu juga memperkenalkan contoh baru dan ilustrasi detail mengenai mekanisme AI tersebut.
“Untuk memudahkan pengguna menemukan kontrol iklannya, mereka kini mampu mengakses preferensi iklan dari halaman tambahan di fitur “Why am I seeing this ad?” tulis Meta, seperti dilansir CNNIndonesia.com.
Menurut Meta, pihaknya berkomitmen menggunakan AI dengan “penuh tanggungjawab”. Salah satunya yakni dengan transparansi yang dianggap esensial.
“Transparansi terkait penggunaan AI di kami ini penting, karena itu akan memastikan orang-orang paham bahwa teknologi itu merupakan bagian dari sistem iklan kami,” jelas Meta.
“Dengan meningkatkan transparansi mengenai penggunaan AI, kami ingin membantu orang-orang merasa lebih aman dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap kami,” imbuhnya.
Meta lantas mencontohkan iklan Glitter and Spice Bath yang muncul pada halaman salah satu pengguna. Jika pengguna mengklik tanda tiga titik di samping judul iklan tersebut, fitur “Why am I seeing this ad?” akan muncul.
Setelah itu pengguna akan melihat dua alasan. Pertama, “Advertiser choices” yang berisikan soal target pasar iklan tersebut. Kedua, “your activity” alias aktivitas pengguna yang menyebabkan iklan itu bisa muncul.