
TIKTAK.ID – TikTok dinobatkan sebagai aplikasi non-game paling laris di seluruh dunia per November 2020. Tidak hanya itu, bila dilihat dari segi pendapatan, TikTok bahkan lebih mendulang cuan ketimbang YouTube.
Berdasarkan laporan terbaru dari Sensor Tower, disebutkan bahwa TikTok pada bulan November kemarin, para penggunanya diperkirakan telah mengeluarkan lebih dari USD 123 juta atau setara Rp1,7 triliun. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, terdapat kenaikan sebanyak 3,7 kali lipat.
Seperti dilansir Detik.com, pundi-pundi yang didapat TikTok tersebut merupakan hasil akumulasi dari para pengguna smartphone berbasis Android dan iOS. Kemudian di App Store sendiri, TikTok menjadi rajanya. Akan tetapi di Play Store, aplikasi video pendek ini justru paling buncit peringkatnya.
Menurut Sensor Tower, sebesar 85% pendapatan TikTok ini bersumber dari pengguna mereka yang berada di Douyin, China. Setelah itu diikuti 8% pengguna yang berasal dari Amerika Serikat dan 2% dari Turki.
Sebelumnya, berdasarkan data pada Agustus 2020, negara yang paling banyak mengunduh aplikasi ini yakni Indonesia yang menyumbang 11 persen dari total unduhan TikTok. Setelah Indonesia, terdapat Brasil yang menjadi negara terbanyak kedua yang mengunduh TikTok dengan menyumbang angka 9 persen.
TikTok sendiri memungkinkan pengguna untuk membuat video lipsing mulai dari tiga hingga 15 detik. Terdapat pula video pengulangan yang berlangsung selama tiga hingga 60 detik.
Sementara itu, YouTube telah dikenal sebagai platform video yang sudah lebih “berumur” dari TikTok. Namun YouTube berada di urutan kedua secara keseluruhan sebagai aplikasi non-game terlaris per November 2020. Dikabarkan estimasi pendapatan yang dikantongi YouTube ini mencapai USD 88 juta atau Rp1,2 triliun.
Sensor Tower mengungkapkan bahwa YouTube mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun sebesar 59%. Keuntungan anak perusahaan Google ini pun berasal dari pengguna mereka dari Amerika Serikat sebanyak 53%, lalu 11% dari Jepang.
Lebih lanjut, untuk aplikasi terlaris non-game di peringkat ketiga dan seterusnya per November 2020, ditempati oleh Tinder, Disney+, Tencent Video, iQIYI, Piccoma, Google One, Netflix, dan Bigo Live.