TIKTAK.ID – Berbagai kalangan menggunakan LinkedIn agar meraih peluang dan kesempatan kerja baru, sembari mengembangkan jaringan.
LinkedIn dikenal sebagai situs jejaring sosial yang lebih menampilkan profil seseorang berbasis profesi.
Kesempatan berbagi profil tersebut kini digunakan pula untuk promosi bisnis.
Dengan 60 juta pengguna aktif LinkedIn, sangat potensial memasarkan suatu layanan atau produk.
LinkedIn dapat efektif sebagai ruang promosi iklan dan memasarkan bisnis tanpa harus mengeluarkan uang dalam nominal besar.
Berikut ini tips pemasaran bisnis tanpa harus biaya iklan melalui Linkedin dari Business Consultant dan Founder Small Business Bonfire asal Amerika Serikat Alyssa Gregory, sebagaimana dilansir SitePoint.
1. Perusahaan Dikemas dalam Profil
Profil khusus perusahaan dibuat dengan cakupan seputar bidang perusahaan, waktu pendirian, berbagai layanan atau produk yang ditawarkan, beserta informasi detail lainnya. Bisa juga berupa profil personal.
2. Fitur Polling untuk Menjaring Konsumen
Fitur ini mempermudah dalam meraih konsumen sesuai target. Pengguna dapat menerbitkan polling dan menyalurkannya ke jaringan yang terhubung maupun orang-orang atau kelompok khusus yang sudah menjadi target. Kemudian hasil polling dapat dilihat dan dianalisa.
3. Answers, Fitur Penggaet Mitra
Fitur LinkedIn Answers merupakan ruang untuk memperoleh dan menebar pengetahuan seputar bisnis serta pemasaran terhadap pengguna lainnya. Praktiknya, saat pengguna membutuhkan atau mencari mitra atau vendor, fitur ini sebagai pemercepat evaluasi berbagai teknik atau produk.
4. Memanfaatkan Grup untuk Meningkatkan Awareness dan Familiarity
Bergabung dengan grup serta aktif menjalin perbincangan atau sekurangnya merespons kabar yang sedang dalam pembahasan.
Ada baiknya menyertakan foto dan nama pribadi maupun brand bisnis untuk meningkatkan awareness dan familiarity atas diri Anda dan brand bisnis bagi orang-orang dalam grup.
5. Buat Grup
Anda juga dapat menginisiasi pembuatan grup untuk saling berbagi informasi. Misalnya sebagai forum komunikasi antar pebisnis saat menentukan harga produk agar lebih dikenal.
6. Selalu Update Status Rutin
Pembaruan status di profil perusahaan sebagai pengumuman terkini. Misalnya dalam bentuk berbagi trik dan tips serta penawaran khusus. Bahkan dapat berupa berbagi tautan (share link).